Sistematika Proposal
Berikut dilampirkan sistematika
penulisan proposal secara umum yang dapat digunakan untuk tujuan apa
saja, dan dapat Anda modifikasi sesuai tujuan.
1. Pendahuluan:
* Berisi tentang hal-hal dan kondisi umum yang melatarbelakang dilaksanakan kegiatan tersebut.
* Hubungan kegiatan tersebut dalam kehidupan sehari-hari(nyata)
* Point2 pembahasan pada pendahuluan ini, mengacu pada komponen S-W-O-T.
* Point2 pembahasan pada pendahuluan ini, mengacu pada komponen S-W-O-T.
2. Dasar Pemikiran
* Berisi
tentang dasar yang digunakan dalam pelaksanaan, misalnya: Tri Darma
Perguruan Tinggi, program kerja pengurus dan lain-lain
* Jika kegiatan tersebut bukan dari organisasi, maka didasarkan secara umum, : Peraturan Pemerintah No sekian
3. Tujuan
* Tujuan yang ingin dicapai dalam kegiatan tersebut ( umum dan khusus)
* Tentukan juga keluaran ( output ) yang dikehendaki seperti apa
* Memperoleh kader-kader Pengurus Badan Eksekutif Mahasiswa
* Memberi pengetahuan manajerial dan leadership bagi calon anggota KMHDI
4. Tema
* Tema yang diangkat dalam kegiatan tersebut
5. Jenis Kegiatan
* Diperlukan untuk menjelaskan rangkaian kegiatan yang akan dilaksanakan jika kegiatannya lebih dari satu,
* Menjelaskan
bentuk dari kegiatan tersebut. Misal: berupa Seminar, Pelatihan,
penyampain materi secara lisan, Tanya jawab dan simulasi dll.
6. Target
* Berisi
uraian yang lebih terperinci dari Tujuan (Point 3) terutama mengenai
ukuran-ukuran yang digunakan sebagai penilaian tercapai atau tidaknya
tujuan.Contoh :
* Target
acara ini adalah untuk mencetak minimal 25 orang pelatih KMHDI yang
masing-masing diantaranya, memiliki kemampuan yang sesuai dengan standar
yang Buku Pedoman Kaderisasi Jilid I KMHDI, dan setiap pelatih tersebut
memiliki nilai rata-rata diatas 7 (dengan range 10) dalam setiap materi
pelatihan.
7. Sasaran/Peserta
* Menjelaskan tentang objek atau siapa yang akan mengikuti kegiatan tersebut ( atau lebih kenal dengan peserta)
8. Waktu dan Tempat Pelaksanaan
* Tentukan dimana, hari, tanggal, bulan, tahun serta pukul berapa akan dilaksanakan kegiatan tersebut.
9. Anggaran Dana
* Dalam
anggaran disini, hanya disebutkan jumlah total pemasukan dan
pengeluaran yang diperkirakan oleh panitia, sedangkan rinciannya dibuat
dalam lampiran tersendiri
10. Susunan Panitia
* Dalam
halaman atau bagaian susuna panitia, biasanya hanya ditulis posisi yang
penting-penting saja, seperti Pelindung Kegiatan, Ketua panitia,
Streering Commite dll, sedangkan kepanitian lengkap dicantumkan dalam
lampiran.
11. Jadwal Kegiatan
* Dibuat sesuai dengan perencanaan dalam kalender Kegiatan yang telah disusun sebelumnya
* Atau bisa juga ditulis terlampir, jika jadwalnya banyak.
12. Penutup
* Berisi tentang harapan yang ingin dicapai dan mohon dukungan bagi semua pihak.
* Ditutup dengan lembar pengesahan proposal
* Terakhir, diikuti dengan lampiran
* Ditutup dengan lembar pengesahan proposal
* Terakhir, diikuti dengan lampiran
keren gan ,,,,
BalasHapusbisa di coba di blog gue gan,,,,
Ok, thanks gan...
Hapusapa itu pakek xampp gan
BalasHapusgan cara dowloadnya gmna kok sya gak bisa download yah
BalasHapus